Giat Aktif Kampung

Giat Aktif Kampung

 

Kampung Karangsari termasuk kedalam kampung yang memiliki kegiatan karang taruna yang aktif. Banyak kegiatan yang mereka lakukan, mulai dari kegiatan rutin yang diadakan setiap minggu hingga kegiatan-kegiatan tahunan. Sukma sari, merupakan nama yang mereka berikan untuk  karang taruna Kampung Karangsari. Untuk saat ini sukma sari di ketuai oleh Eriska, pemudi dari RT 04 yang bekerja di klinik kecantikan.

Setiap hari kamis menjadi kegiatan rutinan karang taruna sukma sari mengadakan kelompok belajar yang diadakan di pos RT. Kegiatan ini dilakukan secara bergiliran setiap RT. Untuk pengajar sendiri, karang taruna sukma sari turun tangan secara langsung. Walaupun tidak ada jadwal untuk pengajar, pengurus karangtaruna memberikan kebebasan kepada anggotanya untuk datang jika memang mereka bisa. Pembelajaran ini dilakukan dengan metode 2 sesi, yaitu sesi pertama adik-adik peserta kelompok belajar mengerjakan PR setelah itu mereka bisa membaca-baca buku.

Selain hari Kamis, setiap Jumat malam yaitu pukul 18.30-20.00 perpustakaan kampung yang berada di lantai 2 pos kamling RT 03 dibuka untuk adik-adik yang ingin  meminjam buku.  Mereka dierbolehkan meminjam selama seminggu dengan maksimal peminjaman dua buku. Untuk perpustakaan ini, karang taruna menyerahkan kepada koordinator mereka yaitu Tata dan Desti dari RT 03. Di perpustakaan  ini terdapat sekitar 200 buku yang merupakan hasil dari sumbangan warga maupun hasil  dari sumbangan teman-teman lain di luar kampung. Selain setiap hari minggu  sore perpustakaan juga dibuka, namun hanya khusus untuk membaca saja.

Salah satu pemuda kampung dari RT 03  yaitu Bachtiar membuat kegiatan setiap dua minggu sekali yaitu permainan tradisional. Ada dua tempat yang biasanya mereka gunakan untuk memainkan permainan tradisional, salah satu yang paling sering adalah di RT 03. Kegiatan ini digagas karena keprihatinan melihat anak-anak yang lebih akrab dengan gadget.

 Di Karangsari juga mengadakan pengajian khusus untuk anak-anak setiap Sabtu. Pengajian ini dilakukan setelah  maghrib sampai pukul 8 malam. Untuk tempatnya sendiri, karang taruna memilih untuk bergilir  dari satu rumah ke rumah lainnya setiap minggu. Untuk pengisi pengajian ini adalah teman-teman remaja. Selain acara ngaji bersama, kelompok pengajian ini juga sering mengadakan kegiatan wisata edukasi setiap liburan sekolah. Seperti kunjungan ke masjid agung atau yang lainnya, tentu hal ini sangat menarik anak-anak untuk ikut bergabung dalam pengajian.

Untuk karang taruna RT 03, mereka memiliki mading kampung. Yang dibuat setiap sebulan sekali. Mereka mengisi mading tersebut dengan gambar, puisi maupun artikel. Dengan hiasan yang cantik dan menarik, mading ini diharapkan menumbuhkan kebiasaan warga untuk membaca.

Untuk saat  ini sendiri, karang taruna sukma sari sedang sibuk untuk menyiapkan acara yang akan diadakn tanggal 15 Oktober 2017 yaitu pengenalan wayang kepada anak-anak yang akan diisi oleh Mas Bayu dari dosen FISIP UNDIP.

 

 

Facebooktwittergoogle_plus

Leave a reply